Faktor-faktor yang Menunjang Minat dan Kemampuan Belajar Mahasiswa Sekolah Tinggi Teologi.

By: Publication details: Malang: STT Satyabhakti, 2016.Penjelasan: 99p. 30 cmLOC classification:
  • Z5055.I5 .K551 2016
Konten:
Faktor-faktor yang menunjang minat dan kemampuan belajar mahasiswa teologi adalah hal yang penting untuk mempersiapkan diri menjadi seorang hamba Tuhan yang efektif. Penulis melakukan penelitian untuk mengetahui faktor-faktor yang menunjang minat dan kemampuan belajar, yang mempengaruhi minat dan kemampuan belajar, dan usaha meningkatkan minat dan kemampuan belajar seorang mahasiswa teologi, dengan melihat latar belakang kehidupan dan masalah yang sedang dihadapi dari setiap informan. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi. Setelah melakukan penelitian, faktor yang menunjang minat dan kemampuan belajar mahasiswa teologi adalah faktor internal dan eksternal. Faktor internal seperti: motivasi terhadap panggilan Tuhan, motivasi dari dalam diri, kebutuhan akan pelayanan yang efektif, untuk mempertahankan dan memperbaiki nilai akademik. Faktor eksternal seperti: hubungan dengan keluarga, teman, informasi dari gembala sidang, biaya kuliah dan fasilitas belajar yang mencakup: tempat belajar yang mendukung, dosen yang berkompeten, dan motivasi dari dosen. Seorang mahasiswa teologi harus meningkatkan minat dan kemampuan belajar dalam mempersiapkan diri menjadi seorang hamba Tuhan yang memiliki karakter Kristiani, supaya dapat melayani Tuhan dan melayani sesama dengan baik.
Tag-tag dari perpustakaan ini: Tidak ada tag dari perpustakaan ini untuk judul tersebut. Log masuk untuk menambah tag
Star ratings
    Average rating: 0.0 (0 votes)

Motto dan Persembahan..........................................................................................................i
Daftar Riwayat Hidup............................................................................................................ii
Lembar Persetujuan..............................................................................................................iii
Pengesahan Karya Ilmiah.....................................................................................................iv
Kata Pengantar.......................................................................................................................v
Daftar Isi..............................................................................................................................vii
Abstraksi..............................................................................................................................xii
Bab I Pendahuluan...................................................................................................1
Latar Belakang Masalah............................................................................................1
Fokus Penelitian.........................................................................................................8
Rumusan Masalah......................................................................................................8
Tujuan Penelitian.......................................................................................................9
Signifikansi Penelitian...............................................................................................9
Sistematika Penulisan..............................................................................................10
Bab II Studi Pustaka................................................................................................12
Sekolah Tinggi Teologi............................................................................................13
Profil Umum Sekolah Tinggi Teologi Satyabhakti.....................................16
Program-program dari Sekolah Tinggi Teologi Satyabhakti...................................18
Kegiatan Akademik.....................................................................................18
Kegiatan Rohani...........................................................................................18
Kegiatan Pelayanan......................................................................................19
Kehidupan Asrama.......................................................................................21
Berbagai Definisi.....................................................................................................21
Definisi Mahasiswa Sekolah Tinggi Teologi...............................................21
Definisi Belajar............................................................................................22
Definisi Minat..............................................................................................26
Definisi Kemampuan...................................................................................28
Faktor-faktor yang Menunjang Minat dan Kemampuan Belajar.............................29
Faktor-faktor yang Menunjang Minat Belajar.........................................................29
Faktor Internal..............................................................................................30
Motivasi...........................................................................................30
Motivasi Panggilan menjadi Hamba Tuhan.........................31
Motivasi dari Orang-orang Terdekat...................................32
Motivasi Ekonomi................................................................34
Perhatian..........................................................................................35
Emosi...............................................................................................35
Faktor Eksternal...........................................................................................36
Keluarga...........................................................................................36
Hubungan antara Orang Tua dan Anak...............................36
Lingkungan Sekolah........................................................................37
Dosen...................................................................................38
Latihan-latihan.....................................................................39
Keadaan Lingkungan Sekolah.............................................40
Lingkungan Masyarakat...................................................................40
Pergaulan..............................................................................41
Faktor-faktor yang Menunjang Kemampuan Belajar..............................................41
Faktor Internal..............................................................................................41
Intelegensi........................................................................................42
Bakat................................................................................................42
Kondisi Fisik....................................................................................43
Faktor Eksternal...........................................................................................44
Lingkungan Keluarga.......................................................................44
Lingkungan Sekolah........................................................................44
Dosen...................................................................................44
Fasilitas Belajar....................................................................45
Disiplin Sekolah...................................................................46
Lingkungan Masyarakat...................................................................46
Latar Belakang Budaya........................................................46
Usaha Peningkatan Minat Belajar............................................................................47
Faktor Internal..............................................................................................48
Faktor Eksternal...........................................................................................49
Usaha Peningkatan Kemampuan Belajar.................................................................51
Bab III Metode Penelitian........................................................................................52
Alasan Menggunakan Metode Kualitatif.................................................................53
Subyek dan Tempat Penelitian.................................................................................54
Instrumen Penelitian................................................................................................54
Sampel Sumber Data Penelitian...............................................................................54
Teknik Pengumpulan Data.......................................................................................55
Observasi......................................................................................................55
Wawancara...................................................................................................56
Gabungan (Triangulasi)...............................................................................57
Teknik Analisis Data................................................................................................57
Rencana Pengujian Keabsahan Data........................................................................58
Bab IV Hasil Penelitian............................................................................................59
Pemaparan Hasil Wawancara..................................................................................59
Informan Pertama.........................................................................................59
Informan Kedua...........................................................................................62
Informan Ketiga...........................................................................................64
Informan Keempat.......................................................................................67
Informan Kelima..........................................................................................69
Informan Keenam........................................................................................71
Informan Ketujuh.........................................................................................73
Informan Kedelapan.....................................................................................75
Informan Kesembilan...................................................................................77
Analisa Hasil Penelitian...........................................................................................80
Faktor-faktor yang Menunjang Minat dan Kemampuan Belajar.................80
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat dan Kemampuan Belajar...........82
Usaha Meningkatkan Minat dan Kemampuan Belajar................................83
Tabel Hasil Penelitian..............................................................................................85
Bab V Penutup........................................................................................................89
Kesimpulan..............................................................................................................89
Saran-saran...............................................................................................................91
Sekolah Teologi...........................................................................................91
Mahasiswa Teologi..........................................................................91
Akademik.........................................................................................91
Fasilitas Belajar................................................................................92
Dosen...............................................................................................92
Keluarga.......................................................................................................93
Gereja...........................................................................................................93
Daftar Pustaka......................................................................................................................94
Sumber Buku...........................................................................................................94
Sumber Jurnal..........................................................................................................97
Sumber Internet........................................................................................................97
Wawancara...............................................................................................................99
Lampiran-lampiran
Transkrip Mentah
Transkrip Individual
Transkrip Lintas Informan
Lampiran Gambar

A., Djamaludin. “Membangun Modal Manusia melalui Pengembangan IQ, EQ dan SQ.” Makalah tidak diterbitkan untuk umum, Fak. Psikologi UMS, Surakarta, 2001.
Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono. Psikologi Belajar ed. revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2004.
Anthony, Michael J., ed. Introducing Christian Education: Foundations for the Twenty-first Century. Grand Rapids, Michigan: Baker Academic, 2001.
Beeftu, Alemu. The Leadership Journey: Tujuh Langkah Praktis Menjadi Pemimpin yang Berdampak Maksimal. Yogyakarta: Penerbit ANDI, 2004.
Berkhof, Louis dan Cornelius VanTil. “Menjadi Reformed dalam Sikap Kita terhadap Sekolah Kristen” dalam Dasar Pendidikan Kristen. Surabaya: Penerbit Momentum, 2008: 37-60.
Chadwick, Ronald P. Teaching and Learning: An Integrated Approach to Christian Education. Old Tappan, NJ: Fleming H. Revell Company, 1982.
Crow, Lester D. and Alice Crow. Educational Psychology. New York: American Book Company, 1958.
Cully, Iris V. Dinamika Pendidikan Kristen. Diterjemahkan oleh P. Siahaan dan Stephen Suleeman. Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia, 1999.
Currid, John D. Deuteronomy . Faverdale North, Darlington: Evangelical Press, 2006.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. Strategi Belajar Mengajar edisi revisi. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta, 2006.
Faisal, Sanapiah. Format-format Penelitian Sosial. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 1995.
Fatchan, H. A. Metode Penelitian Kualitatif: Pendekatan Kontruksi dan Fenomenologi. Malang: UM Press, 2013.
Ginting, Cipta. Kiat Belajar di Perguruan Tinggi. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia, 2003.
G. P., Harianto. Pendidikan Agama Kristen dalam Alkitab dan Dunia Pendidikan Masa Kini. Yogyakarta: Penerbit ANDI dan Surabaya: STT Bethany, 2012.
Gronbach, L. J. Educational Psychology. New York: Harcourt, Brace and World, 1954.
Groom, Thomas. Christian and Religious Education. Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia, 2010.
Hardjana, Agus M. Kiat Sukses Studi di Perguruan Tinggi cetakan pertama. Yogyakarta: Penerbit Kanisius, 1994.
Henry, Indra. “Makna Panggilan dan Respon Hamba Tuhan dalam Kehidupannya.” S.Th. Skripsi, STT Satyabhakti, 2010.
Homrighausen, E. G. dan I. H. Enklaar. Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia, 1993.
Howard, Donald R. Wisdom: A Philosophy For Educational Reform. Louisville: Accelerated Christian Education, 1995.
Ikbar, Yanuar. Metode Penelitian Sosial Kualitatif: Panduan Membuat Karya Ilmiah. Bandung: Refika Aditama, 2012.
Kartono, Kartini. Psikologi Umum. Bandung: Penerbit Mandar Maju, 1996.
Kristianto, Supadi. “Panggilan Allah dan Pendidikan Theologia.” S.Th. Skripsi, STT Satyabhakti Malang, 1991.
Lukito, Daniel Lucas. Menjadi Mahasiswa Teologi yang Berhasil. Malang: Literatur SAAT, 2005.
Lutzer, Erwin. Pastor to Pastor: Memecahkan Masalah-masalah dalam Pelayanan. Malang: Penerbit Gandum Mas, 2005.
Mahmud, Dyimyati. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PPLPTK, 1989.
Moleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif ed. revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2014.
Morin, Edgar. Tujuh Materi Penting bagi Dunia Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Kanisius, 2005.
Mulyana, Deddy. Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: Penerbit PT. Remaja Rosdakarya, 2001.
Orr, Robert. The Essentials for Effective Christian Leadership Development. Canada: Leadership Essential Press, 1998, 81. Dikutip dalam Yosafat Bangun. Integritas Pemimpin Pastoral, 29. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset, 2011.
Patilima, Hamid. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Penerbit Alfabeta, 2013.
Pazmino, Robert W. Fondasi Pendidikan Kristen: Sebuah Pengantar dalam Perspektif Injili. Bandung: STT Bandung dan Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia, 2012, 81. Dikutip dalam B. S. Sidjabat. Strategi Pendidikan Kristen, 106. Yogyakarta: Penerbit ANDI, 1996.
Prastowo, Andi. Metode Penelitian Kualitatif: Dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta: Ar Ruz Media, 2012.
Purwanto, M. Ngalim. Psikologi Pendidikan cetakan ke-11. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 1996.
Riberu, J. “Masalah Pendidikan pada Umumnya dan Pendidikan Agama pada Khususnya” dalam Identitas dan Ciri Khas Pendidikan Kristen di Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Umum, 2000.
Roberts, Richard Owen. “Bagaimana Menjadi Seperti Kristus” dalam Pola Hidup Kristen: Penerapan Praktis. Malang: Penerbit Gandum Mas, 1989.
Robbins, Stephen P. dan Timothy A. Judge. Perilaku Organisasi. Diterjemahkan oleh Diana Angelica. Jakarta: Penerbit Salemba Empat, 2009.
Schaeffer, Francis A. Trilogy. Leicester: Inter Varsity Publishers, 1990.
Sidjabat, B. S. Strategi Pendidikan Kristen: Suatu Tinjauan Teologis-Filosofis. Yogyakarta: Penerbit ANDI, 1996.
___________. Membangun Pribadi Unggul: Suatu Pendekatan Teologis terhadap Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Penerbit ANDI, 2011.
Skinner, C. E. Educational Psychology 3rd edited. London: Staples Press, 1952.
Slameto. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta, 2003.
Smith, Linda and William Raeper. A Beginner’s Guide to Ideas Religion and Philosophy: Past and Present. Oxford, California: Lion House of Publishing, 1991.
Sopater, Sularso. “Memantapkan Pelaksanaan Identitas dan Ciri Khas Pendidikan Kristen secara Kontinyu dan Konsisten.” Dalam Weinata Seirin (penyunting), Identitas dan Ciri Khas Pendidikan Kristen di Indonesia. Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia, 2000: 18-23.
Subagyo, Andreas B. Pengantar Riset Kuantitatif dan Kualitatif: Termasuk Riset Teologi dan Keagamaan. Bandung: Yayasan Kalam Hidup, 2004.
Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif cetakan ke 10. Bandung: Penerbit Alfabeta, 2014.
Sujanto, Agus. Psikologi Umum. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara, 2008.
Suryabrata, Sumadi. Psikologi Pendidikan cetakan ke 9. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 1998.
Syah, Muhibbin. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers, 2009.
Thompson Jr., Oscar dan Carolyn Thompson. Lingkaran Konsentris dan Kesaksian yang Berpengaruh. Bandung: LBB, 1990.
Verkuyl, J. dan W. Lempp. Mahasiswa Yang Bertanggung Jawab: Pedoman untuk Sukses dalam Studi dan Kemahasiswaan. Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia, 1995.
Whitherington, H. C. Psikologi Pendidikan. Diterjemahkan oleh M. Buchori. Jakarta: Penerbit Aksara Baru, 1982.
Winkel, W. S. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia, 1991.
___________. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Penerbit Gramedia Widiasarana Indonesia, 1996.
___________. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia, 1984.

Sumber Jurnal
G. P., Harianto. “Studi Etika Pendidikan tentang Proses Belajar Mengajar yang Mengubah Karakter dan Kurikulum 2013.” Jurnal Teologi Stulos vol. 12 no.1 (April 2013): 39-64.
Lie, Tan Giok. “Tantangan dalam Pendidikan dan Pengajaran Masa Kini.” Jurnal Teologi Stulos vol. 12 no. 1 (April 2013): 1-24.
Santoso, Magdalena P. “Karakteristik Pendidikan Kristen.” Jurnal Teologi dan Pelayanan Veritas vol. 6 no. 2 (Oktober 2005): 291-306.
Simamora, Nenny N. “Hakikat dan Tujuan Sekolah Kristen.” Jurnal Teologi dan Pengembangan Pelayanan Te Deum vol. 4 no. 1 (Juli-Desember 2014): 1-23.
Tenibemas, Purnawan. “Spiritualitas di Sekolah Teologi.” Jurnal Teologi Pengarah (Juli 2010): 2-10.
Timotius, Kris H. “Pendidikan dan Kepemimpinan Kristen.” Jurnal Transformasi Institut Teologi Indonesia vol. 3 no.1 (Februari 2007): 1-8.
Sumber Internet
Aceh, Zaman Mania. “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Belajar.” Artikel on-line. Diambil dari http://zamanmaniaceh.blogspot.co.id/2013/12/faktor-faktor-yang-mempengaruhi_4.html. Internet. Diakses 25 Mei 2016.
Armansyah, Wawang. “Prestasi Belajar dan Faktor yang Mempengaruhi.” Artikel on-line. Diambil dari http://www.belajarbagus.com/2015/03/prestasi-belajar.html. Internet. Diakses 26 Februari 2016.
Dahlan, Achmad. “Fungsi dan Peran Orang Tua untuk Pendidikan.” Jurnal on-line. Diambil dari http://www.eurekapendidikan.com/2015/03/fungsi-dan-peran-orang-tua-untuk.html. Internet. Diakses 17 Mei 2016.
Elfiana. Pengantar Pendidikan. Artikel on-line. Diambil dari http://www.elfiana-unindra-bio2a.blogspot.co.id/.../nilai-nilai-pendidikan-di-indonesia.html. Internet. Diakses 26 Februari 2016.
Firmansyah, M. Yusuf. “Pengaruh Kebudayaan terhadap Kehidupan Manusia.” Artikel on-line. Diambil dari http://ugmyfirmansyah13.blogspot.co.id/2015/03/pengaruh-kebudayaan-terhadap-kehidupan.html. Internet. Diakses 03 Agustus 2016.
Hariyanto. “Pengertian Minat Belajar.” Artikel on-line. Diambil dari http://belajarpsikologi.com/pengertian-minat/. Internet. Diakses 04 Maret 2016.
Passa, Adrianus. “Panggilan Menjadi Hamba Tuhan adalah Panggilan Istimewa.” Artikel on-line. Diambil dari http://saluranberkat-a31.blogspot.com/panggilan-menjadi-hamba-tuhan-adalah.html. Internet. Diakses 06 Maret 2016.
Presiden Republik Indonesia. “Undang-undang Republik Indonesia nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.” Artikel on-line. Diambil dari http://sindikker.dikti.go.id/dok/UU/UU0122012_Full.pdf. Internet. Diakses 03 Agustus 2016.
Sekolah Tinggi Teologi Jaffray. “Visi dan Misi Sekolah Tinggi Teologi Jaffray.” Artikel on-line. Diambil dari http://sttjaffray.ac.id/index.php/visi-dan-misi.html. Internet. Diakses 16 November 2015.
STT Satyabhakti. Artikel on-line. Diambil dari http://www.sttsati.org/. Internet. Diakses 04 Maret 2016.
Ural, Bina. “4 Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Belajar.” Artikel on-line. Diambil dari http://www.binauralbeats.co.id/4-Faktor-Utama-Mempengaruhi-Kemampuan-Belajar.htm. Internet. Diakses 25 Mei 2016.
Utari, Rahmania. “Belajar Mengajar di Perguruan Tinggi.” Artikel on-line. Diambil dari http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/BELAJAR%20MENGAJAR%20DI%20PERGURUAN%20TINGGI.pdf. Internet. Diakses 13 November 2015.
Watoyo, Dwi. “Hubungan Antara Lingkungan Belajar dan Minat Belajar.” Jurnal on-line. Diambil dari http://eprints.uns.ac.id/9928/1/75331307200906231.pdf. Internet. Diakses 24 Mei 2016.

Faktor-faktor yang menunjang minat dan kemampuan belajar mahasiswa teologi adalah hal yang penting untuk mempersiapkan diri menjadi seorang hamba Tuhan yang efektif. Penulis melakukan penelitian untuk mengetahui faktor-faktor yang menunjang minat dan kemampuan belajar, yang mempengaruhi minat dan kemampuan belajar, dan usaha meningkatkan minat dan kemampuan belajar seorang mahasiswa teologi, dengan melihat latar belakang kehidupan dan masalah yang sedang dihadapi dari setiap informan. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi.
Setelah melakukan penelitian, faktor yang menunjang minat dan kemampuan belajar mahasiswa teologi adalah faktor internal dan eksternal. Faktor internal seperti: motivasi terhadap panggilan Tuhan, motivasi dari dalam diri, kebutuhan akan pelayanan yang efektif, untuk mempertahankan dan memperbaiki nilai akademik. Faktor eksternal seperti: hubungan dengan keluarga, teman, informasi dari gembala sidang, biaya kuliah dan fasilitas belajar yang mencakup: tempat belajar yang mendukung, dosen yang berkompeten, dan motivasi dari dosen. Seorang mahasiswa teologi harus meningkatkan minat dan kemampuan belajar dalam mempersiapkan diri menjadi seorang hamba Tuhan yang memiliki karakter Kristiani, supaya dapat melayani Tuhan dan melayani sesama dengan baik.

There are no comments on this title.

to post a comment.

Powered by Koha