Analisis Ibadah Sekolah Minggu Online Bagi Anak. (Catatan no. 16871)

MARC details
000 -LEADER
fixed length control field 02793nam a22001817a 4500
003 - CONTROL NUMBER IDENTIFIER
control field OSt
005 - DATE AND TIME OF LATEST TRANSACTION
control field 20240425035651.0
008 - FIXED-LENGTH DATA ELEMENTS--GENERAL INFORMATION
fixed length control field 220113b |||||||| |||| 00| 0 ind d
040 ## - CATALOGING SOURCE
Language of cataloging Ind
Transcribing agency SATI
050 ## - LIBRARY OF CONGRESS CALL NUMBER
Classification number Z5055.I5
Item number .H668 2021
100 ## - ENTRY UTAMA--NAMA PRIBADI
Nama Perorangan Halawa, Efa Wardani.
9 (RLIN) 16941
245 ## - PERNYATAAN JUDUL
Judul Analisis Ibadah Sekolah Minggu Online Bagi Anak.
260 ## - PUBLICATION, DISTRIBUTION, ETC.
Place of publication, distribution, etc. Malang:
Name of publisher, distributor, etc. Sekolah Tinggi Teologi Satyabhakti,
Date of publication, distribution, etc. 2021.
300 ## - KETERANGAN FISIK
Jumlah (Halaman, dll) xi,80p.
Keterangan Fisik Lainnya Hard Cover
Ukuran 30 cm.
500 ## - GENERAL NOTE
General note Karya tulis ini adalah sebuah penelitian yang menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, dimana penulis sendiri sebagai instrumen yang melakukan analisa terhadap anak sekolah minggu mengenai partisipasi mereka selama mengikuti ibadah sekolah minggu online. Penelitian ini <br/> menggunakan metode wawancara secara mendalam untuk mengetahui partisipasi anak-anak selama mengikuti ibadah sekolah minggu online. Setelah melakukan penelitian terhadap lima anak-anak sekolah minggu di Gereja Sidang Jemaat Allah Talitakum Lawang yang dibatasi usia 6-12 tahun, penulis menemukan<br/>bahwa unsur sekolah minggu yang ideal yang terdiri dari Welcome /Penyambutan, worship/pujian-penyembahan, word of God/Firman Tuhan dan works/pekerjaan tangan tidak terpenuhi dalam ibadah sekolah minggu online. Memang, pemaknaan mengenai sikap di dalam peribadatan sudah cukup dimengerti oleh kelima informan. Kelima informan mengatakan bahwa ibadah harus dilakukan dengan sungguh-sungguh.<br/>Namun, kenyataannya informan I,III,IV dan V belum mampu mempraktekkan sikap yang benar di dalam ibadah. Hal ini terlihat ketika mereka masih bermain-main saat ibadah, seperti membuka mata saat berdoa, tidak mengikuti instruksi dari guru sekolah minggu, misalnya ketika diajak bernyanyi memuji Tuhan sambil melakukan gerakan. Bahkan infoman V lebih mengutamakan kepentingan pribadi dibandingkan dengan ibadah. Saat infoman V merasa haus atau lapar maka dia meninggalkan ibadah untuk sementara waktu. Setelah selesai makan baru melanjutkan untuk beribadah. Dari hasil wawancara terlihat bahwa selama mengikuti ibadah sekolah minggu online, anak-anak tidak terlalu mengikuti apa yang dikatakan oleh guru sekolah minggu, melainkan hanya menonton saja. Kenyataan ini harus menjadi perhatian gereja khususnya<br/>guru sekolah minggu dalam mengajar dan melakukan pengawasan kepada anak-anak sekolah minggu. Melaksanakan ibadah sekolah minggu online di tengah-tengah pandemi Covid-19 memang patut untuk diapresiasikan. Ibadah online menjadi alternatif atau solusi terbaik untuk tetap memelihara kehidupan rohani anak-anak di tengah-tengah maraknya pandemi Covid-19. Namun, bagaimanapun juga ibadah online belum efektif untuk diterapkan kepada anak-anak sekolah minggu usia 6-12 tahun.
650 ## - SUBJECT ADDED ENTRY--TOPICAL TERM
Topical term or geographic name entry element IBADAH SEKOLAH MINGGU
9 (RLIN) 21942
942 ## - ADDED ENTRY ELEMENTS (KOHA)
Source of classification or shelving scheme Library of Congress Classification
Koha item type Skripsi, Tesis dan Disertasi
Holdings
Status Ditarik Status Hilang Sistemm Pengkatalogan Status Rusak Tidak Dipinjam Lokasi Permanen Lokasi Sekarang Tanggal Diperoleh Sumber Jumlah Kali Dipinjam Call Number Lengkap Barcode Tanggal Terakhir Dilihat Nomor Copy Harga berlaku mulai Jenis Item Koha
    Library of Congress Classification     Sekolah Tinggi Teologi Satyabhakti Sekolah Tinggi Teologi Satyabhakti 2022-01-13 Hadiah   Z5055.I5 .H668 2021 21716 2022-01-13 1 2022-01-13 Skripsi, Tesis dan Disertasi

Powered by Koha