Efektifitas Penginjilan melalui Yayasan. Suatu Studi mengenai Efektifitas Pengijilan melalui Yayasan Lembaga Pembinaan Keluarga di Jl. Cipto 18 Malang

Messakh, Frans M. John.

Efektifitas Penginjilan melalui Yayasan. Suatu Studi mengenai Efektifitas Pengijilan melalui Yayasan Lembaga Pembinaan Keluarga di Jl. Cipto 18 Malang - Malang: STT Satyabhakti, 1995. - ix, 191p. ilus. 29 cm

MOTTO DAN PERSEMBAHAN ......................................................................................... i
DAFTAR RIWAYAT HIDUP ..............................................................................................ii
LEMBAR PERSETUJUAN.................................................................................................iii
PENGESAHAN KARYA ILMIAH..................................................................................... iv
PERNYATAAN KEASLIAN KARYA TULIS ................................................................... v
KATA PENGANTAR.......................................................................................................... vi
DAFTAR ISI ......................................................................................................................viii
ABSTRAK ..........................................................................................................................xii
BAB I..................................................................................................................................... 1
PENDAHULUAN................................................................................................................. 1
Latar Belakang Masalah .................................................................................................... 1
Rumusan Masalah............................................................................................................ 12
Tujuan Penelitian ............................................................................................................. 12
Manfaat Penelitian ........................................................................................................... 13
BAB II ................................................................................................................................. 15
LANDASAN TEORI .......................................................................................................... 15
Pandangan Biblis-Psikologis mengenai Toxic Positivity................................................. 15
Positivity....................................................................................................................... 16
Definisi ..................................................................................................................... 16
Arti dan Makna Positivity......................................................................................... 16
Ciri-ciri ..................................................................................................................... 19
Mencari Jalan Keluar ............................................................................................ 19
Belajar dari Masalah ............................................................................................. 20
Kepribadian Beriman............................................................................................ 21
Melawan Rasa Takut ............................................................................................ 21
Proses........................................................................................................................ 22ix
Pertimbangan Logis .............................................................................................. 22
Pembelajaran......................................................................................................... 23
Penerapan.............................................................................................................. 24
Manfaat..................................................................................................................... 25
Bahagia ................................................................................................................. 25
Motivasi ................................................................................................................ 26
Menjadi Sehat ....................................................................................................... 27
Hubungan Lebih Baik........................................................................................... 28
Toxic Positivity............................................................................................................. 29
Definisi ..................................................................................................................... 29
Arti dan Makna......................................................................................................... 30
Ciri-ciri ..................................................................................................................... 32
Tidak Jujur Terhadap Perasaan Sendiri ................................................................ 32
Menghindari Masalah ........................................................................................... 33
Membandingkan Diri dengan Orang Lain ............................................................ 33
Faktor-Faktor Penyebab ........................................................................................... 34
Penyebab Eksternal............................................................................................... 34
Penyebab Internal ................................................................................................. 35
Proses........................................................................................................................ 37
Tidak Realistis dengan Perasaan........................................................................... 37
Kebingungan Memahami Perasaan....................................................................... 38
Tekanan untuk menjadi sempurna ........................................................................ 38
Dampak..................................................................................................................... 39
Pembentukan Pribadi ............................................................................................ 39
Rasa Bersalah........................................................................................................ 40
Meremehkan Perasaan .......................................................................................... 40
Harga Diri Rendah ................................................................................................ 41
Gangguan Mental Emosional........................................................................................... 42
Definisi ..................................................................................................................... 42
Arti dan Makna......................................................................................................... 43
Ciri-ciri ..................................................................................................................... 44
Perasaan mudah berubah-ubah ............................................................................. 44x
Tidak Mampu Menerima Diri............................................................................... 45
Ingin Mengakhiri Hidup ....................................................................................... 46
Faktor-Faktor Penyebab ........................................................................................... 46
Faktor Eksternal.................................................................................................... 46
Faktor Internal....................................................................................................... 48
Proses........................................................................................................................ 49
Pengenalan Emosi................................................................................................. 49
Kebutuhan Emosi Tidak Terpenuhi...................................................................... 49
Ketidakmampuan Mengendalikan Emosi............................................................. 50
Dampak..................................................................................................................... 51
Pembentukan Pribadi ............................................................................................ 51
Rasa Bersalah........................................................................................................ 52
Gangguan terhadap Kualitas Hidup...................................................................... 53
Anak Gembala Sidang dan Toxic Positivity.................................................................... 54
Keluarga Gembala Sidang............................................................................................ 54
Kehidupan Gembala Sidang ..................................................................................... 54
Keluarga Gembala Sidang........................................................................................ 55
Konsep Positivity dalam Keluarga Gembala Sidang.................................................... 58
Toxic Positivity dan Anak Gembala Sidang................................................................. 58
BAB III................................................................................................................................ 62
METODE PENELITIAN .................................................................................................... 62
Alasan Menggunakan Metode Penelitian ........................................................................ 62
Subyek dan Tempat Penelitian ........................................................................................ 62
Instrumen Penelitian ........................................................................................................ 63
Teknik Pengumpulan Data............................................................................................... 63
Wawancara................................................................................................................... 64
Observasi...................................................................................................................... 64
Teknik Analisa Data ........................................................................................................ 65
Rencana Pengujian Keabsahan Data................................................................................ 65
BAB IV................................................................................................................................ 67
HASIL PENELITIAN ......................................................................................................... 67
Pemaparan Hasil Penelitian ............................................................................................. 67xi
Pembahasan Hasil Penelitian ........................................................................................... 82
Positivity....................................................................................................................... 82
Toxic Positivity............................................................................................................. 84
Gangguan Mental Emosional....................................................................................... 85
Dampak dari Toxic Positivity ...................................................................................... 85
Pembentukan Pribadi................................................................................................ 85
Rasa Bersalah ........................................................................................................... 87
Meremehkan Perasaan.............................................................................................. 87
Harga Diri Rendah.................................................................................................... 88
Dampak Gangguan Mental Emosional ........................................................................ 89
Pembentukan Pribadi................................................................................................ 89
Rasa Bersalah ........................................................................................................... 90
Kualitas Hidup.......................................................................................................... 91
Tabel Hasil Penelitian...................................................................................................... 91
BAB V ................................................................................................................................. 93
PENUTUP ........................................................................................................................... 93
Kesimpulan ...................................................................................................................... 93
Saran-Saran...................................................................................................................... 94
Orang Tua..................................................................................................................... 94
Anak Gembala Sidang.................................................................................................. 95
Penelitian Lanjutan....................................................................................................... 96
DAFTAR PUSTAKA.......................................................................................................... 97
LAMPIRAN ...................................................................................................................... 106
TRANSKRIP MENTAH ............................................................................................... 106
TRANSKRIP LINTAS INFORMAN............................................................................ 251

Ainy, Urfa Qorrota. Jika Bersedih Dilarang, untuk Apa Tuhan Menciptakan Air Mata ? Jakarta: PT Gramedia, 2022.
Albin, Rochelle Semmel. Emosi - Bagaimana mengenal, menerima dan mengarahkannya. Yogyakarta, Indonesia: Kanisius, 2001.
Argyle, Michael. The Advance in the Psychology of Religion. Oxford: Pergamon Press, 1985.
Baihaqi, MIF. Psikologi Pertumbuhan. Bandung, Indonesia: PT Remaja Rosdakarya, 2011.
Barclay, William. Pemahaman Alkitab Setiap Hari Surat 1 Dan 2 Korintus. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia, 2008.
———. Pemahaman Alkitab Setiap Hari Surat Filipi, Kolose, 1 Dan 2 Tesalonika. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia, 1999.
Blot, Paul de. Mengapa Saya Merasa Tidak Enak ? Yogyakarta, Indonesia: Kanisius, 2002.
Corey, G. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung, Indonesia: Refika Aditama, 2007.
Dobson, James. Menggapai Masa Depan yang Cerah bagi Anak. Jakarta, Indonesia: Professional Books, 1997.
Elfiky, Ibrahim. Terapi Berpikir Positif. Jakarta: Zaman, 2009.
Goodman, Whitney. Toxic Positivity - Keeping It Real In a World Obsessed with Being Happy. Los Angeles: TarcherPerigee, 2022.
Hall, Karyn D., dan Melissa H Cook. The Power Of Validation. Canada: New Harbinger Publications, 2012.
Hamzah, Amir. Metode Penelitian Kualitatif: Rekontruksi Pemikiran Dasar serta Contoh Penerapan Pada Ilmu Pendidikan, Sosial dan Humaniora. Malang: Literasi Nusantara, 2019.98
Henry, Matthew. Tafsiran Matthew Henry - Kitab Bilangan, Ulangan. Surabaya: Penerbit Momentum, 2019.
Hill, N, dan M. J. Ritt. Keys to Positive Thinking. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer, 2004.
Jantz, Gregory L. Penyembuhan Luka-Luka Akibat Pelecehan Emosional. Jakarta: METANOIA, 1999.
Koenig, H.G. Handbook of Religion and Mental Health. San Diego, CA: Academic Press, 1998.
Lahaye, Tim. Bagaimana Cara Menanggulangi Tekanan. Malang: Penerbit Gandum Mas, 1983.
Leibniz, G. W. Theodicy. USA: Echo Library, 2008.
Lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung, Indonesia: PT Remaja Rosdakarya, 2014.
Mobbs, Bernard. Our Rebel Emotions. New York: The Seabury Press, 1971.
Moleong. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung, Indonesia: Penerbit PT Remaja Rosdakarya Offset, 2014.
Nolte, Dorothy Law, dan Rachel Harris. Remaja Belajar dari Apa yang Mereka Alami dalam Kehidupan Ini (Teenagers Learn What They Live). Batam: Interaksa, 2004.
Sarmadi, Suneidi. Psikologi Positif. Yogyakarta: Titah Surga, 2018.
Scazzero, Peter, dan Warren Bird. Gereja yang Sehat Secara Emosional. Batam: Gospel Press, 2005.
Semiun, Yustinus. Kesehatan Mental 3. Yogyakarta, Indonesia: Kanisius, 2006.
Senhert, Keith W. Mengendalikan Stres dalam Rumah Tangga dan Pekerjaan. Bandung: Yayasan Kalam Hidup, 1981.
Sinulingga, Risnawaty. Tafsiran Alkitab Amsal 10:1-22:16. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia, 2012.
Sirait, Ronal G. Sayang Anak.. Sayang Anak. Yogyakarta: PT Kanisius, 2016.
Subagyo, Andreas B. Pengantar Riset Kuantitatif dan Kualitatif : Termasuk Riset Teologi dan Keagamaan. Bandung, Indonesia: Yayasan Kalam Hidup, 2004.
Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung, Indonesia: Penerbit CV Alfabeta, 2014.
———. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung, Indonesia: Alfabeta, 2018.
———. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung, Indonesia: Alfabeta, 2010.
Suharsaputra, Uhar. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Bandung, Indonesia: PT Refika Aditama, 2014.
Teo, Jimmy. Pesan untuk Anakku. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia, 2014.
Thouless, Robert H. An Introduction to the Psychology of Religion. Pengantar Psikologi Agama. Jakarta, Indonesia: PT Raja Grafindo Persada, 2000.
Tong, Stephen. Iman, Pengharapan, Kasih. Surabaya: Penerbit Momentum, 2021.
Vyse, S. A. Believing in Magic: The Psychology of Superstition. UK: Oxford University Press, 2000.
Wiriadinata, Susie. Orang Tua Idaman. Bandung: Lembaga Literatur Baptis, 1985.
Wright, H. Norman. Menjadi Orang Tua Yang Bijaksana. Yogyakarta: Penerbit Yayasan Andi, 1991.
Yusuf, Syamsu. Kesehatan Mental - Perspektif Psikologis dan Agama. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2018.
Sumber Online :
Ajibade, Ezekiel Adewale. “Towards An Ethical Life And Conduct In Pastor’s Children.” Academia.edu. Last modified 2017. Diakses Mei 5, 2023.
https://www.academia.edu/download/50619114/Towards_An_Ethical_Life_and_Conduct_in_Pastors_Children.pdf.
Alodokter. “Mengenal Lebih Jauh tentang Toxic Positivity.” Alodokter.com. Last modified
2021. Diakses Maret 6, 2023. Https://r.search.yahoo.com/_ylt=Awr99w7sgltkdg0Eot1XNyoA;_ylu=Y29sbwNncTEccG9zAzIEdnRpZANDQVEyNTUyM0RDT18xBHNlYwNzcg-/RV=2/RE=1683747692/RO=10/RU=https%3A%2F%2Fwww.alodokter.com%2Fmengenal-lebih-jauh-tentang-toxic-positivity/RK=2/RS=GD2uL5OwpJHBfhRTUMnxK.
Alonzo, Perla J., Dann Ravel L. Calaunan, Brandon L. Calaunan, Angela Mae B. Gomez, Charina S. Habon, dan Cheryl Lyn A. Sanchez. “Lived Exprerience Of A Pastor’s Kid.” jurnal.unai.edu. Last modified 2016. Diakses Mei 17, 2023. https://jurnal.unai.edu/index.php/isc/article/view/1799.
Andrade, Gabriel. “The ethics of positive thinking in healthcare.” Journal of Medical Ethics and History of Medicine, 2019.
Ariyanti, Fiki. “10 Kata-kata Motivasi Sukses Meraih Impian - Cermati.” 21 Januari 2019. Last modified 2019. Diakses Mei 24, 2023. https://www.cermati.com/artikel/10-katakata-motivasi-sukses-meraih-impian.100
Arora, Mahak. “Bad Parenting Signs and How They Can Affect Your Child.” Parenting firstcry.com. Last modified 2020. Diakses November 3, 2022. https://parenting.firstcry.com/articles/bad-parenting-signs-effects/?ref=interlink.
Asta, Derina. “Regulasi Emosi Dalam Psikologi (Pengertian, Tata Cara, Penerapan).” dosenpsikologi.com. Diakses Februari 2, 2023. https://dosenpsikologi.com/regulasiemosi-dalam-psikologi#:~:text=Di dalam psikologi%2C kita mengenal yang namanya emosi%2C,dalam sehingga kita mengekspresikannya dalam sebuah cara tertentu.
Barari, Wancik Ridwan. “Optimisme dan Strategi Koping pada Remaja di Lembaga Kesejahteraan Sosial.” Acta Psychologia 1, no. 2 (2021).
Benjamin, Preshous, Judy Taylor, Brie Turns, dan Candi White. “‘I’m More Than Just a “Pastor’s Kid”!’: Externalizing Labels given to Children of Pastors Through Biblio– Narrative Therapy.” Contemporary Family Therapy 45, no. 1 (2023).
Bun, Yulianti, Bahran Taib, dan Dewi Mufidatul Ummah. “Analisis Pola Asuh Otoriter Orang Tua Terhadap Perkembangan Moral Anak.” Jurnal Ilmiah Cahaya Paud 3, no. 1 (2020).
C, Gillespie. “What is toxic positivity? – and why are experts saying it’s dangerous right now?” Health.Com. Last modified 2020. Diakses Mei 12, 2023.
https://www.health.com/condition/infectious-diseases/coronavirus/what-is-toxicpositivity. Cacioppo, S, J. P Cacioppo, dan J. T Cacioppo. “Toward a neurology of loneliness.” Psychological Bulletin 140, no. 6 (2014).
Chavez, Holly. “13 Signs Of A Toxic Parent That Many People Don’t Realize.” lifehack. Diakses November 3, 2022. https://www.lifehack.org/350678/13-signs-toxic-parentthat-many-people-dont-realize.
Cherry, K. “What is toxic positivity?” Verry Well Mind. Last modified 2021. Diakses November 7, 2022. https://www.verywellmind.com/what-is-toxic-positivity- 5093958#:~:text=Toxic positivity is the belief,should maintain a positive mindset.&text=The problem is that life,with painful emotions and experiences.
Collins, Rhonda. “Leading Forward: Embracing Feedback and Moving Toward Authentic Positivity.” Nurse Leader 20, no. 3 (2022).
Darmiah. “Perkembangan Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Emosi Anak Usia MI.” Pionir: Jurnal Pendidikan 8, no. 2 (2020).
David, Susan. “The Dangers of Toxic Positivity, Part 1 of 2.” BreneBrown. Last modified 2021. Diakses November 1, 2022. https://brenebrown.com/podcast/brene-with-drsusan-david-on-the-dangers-of-toxic-positivity-part-1-of-2/#transcript.
Day, Irwan. “26 Ayat Alkitab Tentang Orang Tua dalam Keluarga Kristen.” Kristenly.com. Last modified 2022. Diakses November 4, 2022. https://kristenly.com/ayat-alkitabtentang-orang-tua/.101 Delaney, J.J., dan J.V. Winters. “Sinners or saints? Preachers’ kids and risky health behaviors.” Journal of Family and Economic Issues 35, no. 4 (2014): 464–476.
Deliyani, Ni Luh, Marlina S. Mahajudin, dan Sri Adiningsih. “Efektivitas Terapi Humor Dengan Media Film Komedi Untuk Menurunkan Tingkat Kecemasan Pada Lansia.” Hospital Majapahit 7, no. 2 (2015).
Dharmayanti, Ika, Dwi Hapsari Tjandrarini, Puti Sari Hidayangsih, dan Olwin Nainggolan. “Pengaruh Kondisi Kesehatan Lingkungan Dan Sosial Ekonomi Terhadap Kesehatan Mental Di Indonesia.” Jurnal Ekologi Kesehatan 17, no. 2 (2018).
Dzilhaq, Neraca C. “Dasar-Dasar Psikologi Positif.” kampuspsikologi.com. Last modified 2021. Diakses November 7, 2022. https://kampuspsikologi.com/dasar-dasarpsikologi-positif/#:~:text=Sejarah dan Konsep Psikologi Positif Konsep ini pertama,psikologi positif adalah Christopher Peterson%2C dan Mihaly
Csikszentmihalyi.
Fikriyyah, Hana Faiha, R Nunung Nurwati, dan Meilany Budiarti Santoso. “Dampak Pola Asuh Otoriter Terhadap Perkembangan Psikososial Anak Usia Prasekolah.” Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM) 3, no. 1 (2022).
Gross, J. J, dan R. W Levenson. “Hiding feelings: The acute effects of inhibiting negative and positive emotion.” Journal of Abnormal Psychology (1997): 95–103.
Gumintang, Gendis Hanum. “Gangguan Emosional: Penyebab – Contoh dan Cara Mengatasinya.” dosenpsikologi.com. Diakses November 4, 2022. https://dosenpsikologi.com/gangguan-emosional.
Hadi, Abdul. “Mengenal Toxic Positivity, Ciri & Bahayanya bagi Kesehatan Mental.” Tirto.id. Last modified 2022. Diakses Maret 2, 2023. https://tirto.id/mengenal-toxicpositivity-ciri-bahayanya-bagi-kesehatan-mental-gnDQ.
Hidayati, Nur Istiqomah. “Pola Asuh Otoriter Orang Tua , Kecerdasan Emosi ,.” Jurnal psikologi Indonesia (2014).
Hileman, L. “The unique needs of protestant clergy families: Implications for marriage and family counseling.” Journal of Spirituality in Mental Health 10, no. 2 (2008): 199– 144.
Huda, Ade Nailul. “Syindrom Baby Bluess.” Jurnal Misykat 4, no. 2 (2019).
https://scholar.archive.org/work/avfp6et2nfegpp2v6j3trmsire/access/wayback/http://p ps.iiq.ac.id/jurnal/index.php/MISYKAT/article/download/87/55.
Idaiani, Sri, Suhardi, dan Antonius Adhi Kristanto. “Analisis Gejala Gangguan Mental Emosional Penduduk Indonesia.” Maj Kedokt Indon 59, no. 10 (2009).
Irawati, Reka Septiara, dan Heru Subekti. “Hubungan Distres Emosional dan Dukungan Sosial dengan Kualitas Hidup Lansia Penderita Diabetes Melitus di Kabupaten Sleman.” Jurnal Keperawatan Klinis dan Komunitas 2, no. 3 (2022).102
Jati, Paula, Yohana Putri Damayanti Adi Pangestu, Jihan Aliifah, dan Caesar Nadarajah FBR. “Pemahaman Generasi Z Terkait Pengaruh Toxic Positivity Terhadap Hubungan Sosial Individu.” ResearchGate (2021).
Khairina, Nabila Safira, dan Oedojo Soedirham. “Pola Asuh Orang Tua Dan Tingkat Kepercayaan Diri Pada Anak: Literature Review.” Peran Mikronutrisi Sebagai Upaya Pencegahan Covid-19 12, no. 4 (2022).
Kojongian, Monica G. R, dan Doody H. Wibowo. “Toxic Positivity: Sisi Lain dari Konsep untuk Selalu Positif dalam Segala Kondisi.” Psychopreneur Journal 6 (2021).
Levin, Jeff. “Religion and mental health: theory and research.” International Journal of Applied Psychoanalytic Studies (2010).
Lukin, K. “Toxic positivity: Don’t always look on the bright side.” Psychology Today. Last modified 2019. Diakses November 2, 2022.
https://www.psychologytoday.com/us/blog/the-man-cave/201908/toxic-positivitydont-always-look-the-bright-side#.
Machmudati, Atina, dan R. Rachmy Diana. “Efektivitas Pelatihan Berpikir Positif untuk Menurunkan Kecemasan Mengerjakan Skripsi pada Mahasiswa.” Jurnal Intervensi Psikologi (JIP) 9, no. 1 (2017).
Markham, Ruth L., Monica H. Arslain, dan Eric C. Skowronsi. “A Qualitative Study of Pastors’ Kids at Cedarville University: A Pilot Study.” The Research and Scholarship Symposium (2014).
https://digitalcommons.cedarville.edu/research_scholarship_symposium/2014/poster_ presentations/49/.
Masithoh, Anny Rosiana. “Hubungan Berpikir Positif Dengan Motivasi Lansia Hipertensi Untuk Mengikuti Senam Lansia Di Desa Tlogorejo Kecamatan Tegowanu Kabupaten Grobogan.” Jikk 5, no. 2 (2014).
Maulana, Indra, Suryani S, Aat Sriati, Titin Sutini, Efri Widianti, Imas Rafiah, Nur Oktavia Hidayati, et al. “Penyuluhan Kesehatan Jiwa untuk Meningkatkan Pengetahuan Masyarakat tentang Masalah Kesehatan Jiwa di Lingkungan Sekitarnya.” Media Karya Kesehatan 2, no. 2 (2019).
Mauliawa, Rifky Dafa, Rosa Karnita, dan Aditya Januarsa. “Perancangan Film Pendek Interaktif Mengenai Toxic Positivity Bagi Remaja.” eproceeding.itenas.ac.id. Last modified 2022. Diakses Mei 28, 2023. https://eproceeding.itenas.ac.id/index.php/fad/article/view/1134.
Mcqueen, Janie. “How to Deal With Toxic Parents.” WebMD. Last modified 2021.
Diakses November 3, 2022. https://www.webmd.com/sex-relationships/features/toxicparents.
Mubasyiroh, Rofingatul, Indri Yunita Suryaputri, dan Dwi Hapsari Tjandrarini. “Determinan Gejala Mental Emosional Pelajar SMP-SMA di Indonesia Tahun 2015.”103 Buletin Penelitian Kesehatan 45, no. 2 (2017).
Mulyana, Deddy. Metode Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung, Indonesia: PT Remaja Rosdakarya, 2001.
Nasri, Silfana, Haiyun Nisa, dan K Karjuniwati. “Bagaimana Remaja Memaafkan Perceraian Orang Tuanya: Sebuah Studi Fenomenologis.” Seurune: Jurnal Psikologi UNSYIAH 1, no. 2 (2018).
Nihayah, Ulin, Ilham Misbahul Qolbi, dan Nurul Mutamini. “Psikologi Positif pada Konten ”Are We Okay” dalam Menumbuhkan Kesehatan Mental.” Prophetic : Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal 5, no. 1 (2022).
Nihayah, Ulin, Salsabila Ade Putri, dan Rahmat Hidayat. “Konsep Memaafkan dalam Psikologi Positif.” Indonesian Journal of Counseling and Development 3, no. 2 (2021).
Nurhaeni, Ani, Dewi Erna Marisa, dan Thia Oktiany. “Peningkatan Pengetahuan Tentang Gangguan Kesehatan Mental Pada Remaja.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Kesehatan 1, no. 1 (2022).
Pramestuti, Novianita Ayu, dan Kartika Sari Dewi. “Distres Ditinjau Dari Dukungan Sosial Teman Sebaya Pada Mahasiswa Tahun Pertama Universitas Diponegoro.” Jurnal EMPATI 3, no. 4 (2014).
Prasetio, Clement Eko, Tiffani Amalia Rahman, dan Airin Triwahyuni. “Gangguan Mental Emosional dan Kesepian pada Mahasiswa Baru.” Mediapsi 5, no. 2 (2019).
Prihatiningsih, Erika, dan Yuni Wijayanti. “Gangguan Mental Emosional Siswa Sekolah Dasar.” HIGEAI Journal of Public Health Research and Development 3, no. 2 (2019).
Purwoko, Satria Aji. “Ragam Cara Berpikir Positif dan Manfaatnya bagi Kesehatan.” hallosehat.com. Diakses November 14, 2022.
https://hellosehat.com/mental/stres/manfaat-berpikir-positif-bagi-kesehatan/. Puspita, Shinta Mutiara. “Kemampuan Mengelola Emosi Sebagai Dasar Kesehatan Mental Anak Usia Dini.” SELING: Jurnal Program Studi PGRA 5, no. 1 (2019).
Putri, Siti Nurmayani. “Bagaimana Cara Agar Bisa Berpikir Positif, Terutama Di Situasi Sulit ?” Last modified 2021. Diakses Mei 16, 2023. https://www.limone.id/berpikirpositif/.
Quintero, S, dan J Long. “Toxic positivity: The dark side of positive vibes.” The Psychology Group. Last modified 2019. Diakses November 2, 2022. https://thepsychologygroup.com/toxic-positivity/.
Quinto, Kathleen Leigh. “Toxic Positivity and Its Role on College Students’ Mental Health during the COVID-19 Pandemic.” Academia. RIZAL TECHNOLOGICAL UNIVERSITY, 2021.104
Sari, Popy Puspita, Sumardi Sumardi, dan Sima Mulyadi. “Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini.” JURNAL PAUD AGAPEDIA 4, no. 1 (2020).
Satriopamungkas, Bhaskoro, Hen Dian Yudani, dan I Gusti Ngurah Wirawan. “Perancangan Film Pendek Mengenai Toxic positivity Di Lingkungan Masyarakat Surabaya.” jurnal DKV 1 (2020).
Scheier, M. R. “On the power of positive thinking: The Benefits of Being Optimistic.” Sage Publications 2, no. 1 (1993).
Sembiring, Lena Anjarsari, dan Simon Simon. “Rumah Tangga Gembala Sidang Menjadi Role Model Bagi Jemaat.” Jurnal Teologi Praktika 1, no. 2 (2020).
Shahnaz, Roellyana, dan A.L Ratih. “Peranan Optimisme terhadap Resiliensi pada Mahasiswa Tingkat Akhir yang Mengerjakan Skripsi.” Prosiding Konferensi Nasional Peneliti Muda Psikologi Indonesia 2016, no. April 2016 (2016).
Simanjuntak, Dapot Tua, dan Joseph Christ Santo. “Kepemimpinan Gembala Sidang dalam Meningkatkan Pertumbuhan Jemaat: Sebuah Refleksi 1 Petrus 5.” Paria 6, no. 1 (2019).
Smit, Guillaume H. “Pastoral Ministry in a Missional Age: Towards a Practical Theological Understanding of Missional Pastoral Care.” Verbum Et Ecclesia 36, no. 1 (2015): 1–8. https://verbumetecclesia.org.za/index.php/ve/article/view/1382/2367.
Sokal, Laura, Lesley E Trudel, dan Jeff Babb. “It’s okay to be okay too. Why calling out teachers’ ‘toxic positivity’ may backfire.” (2020).
Syadiyah, Reghifa Khalimatus, Risma Hesti Yuni Astuti, dan Firna Aprilliani. “Psikologi Positif Melalui Humor dalam Menumbuhkan Kesehatan Mental.” Nosipakabelo: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam 2, no. 02 (2021).
Talitha, Tasya. “Apa itu Toxic Positivity? Kenali Lebih Dalam Apa Saja Ciri dan Dampaknya.” Gramedia.Blog. Last modified 2021. Diakses November 2, 2022. https://www.gramedia.com/best-seller/toxic-positivity/.
Taufik. “Positive Psychology: Psikologi Cara Meraih Kebahagiaan.” Prosiding Seminar Nasional Psikologi Islami (2012).
Upadhyay, Ishan S, KV A Srivatsa, dan Radhika Mamidi. “Towards Toxic Positivity Detection.” International Institute of Information Technology, hyderabad (n.d.).
Valikhani, Ahmad, Fatemeh Ahmadnia, Alma Karimi, dan Paul J. Mills. “The relationship between dispositional gratitude and quality of life: The mediating role of perceived stress and mental health.” Personality and Individual Differences 141 (2019).
Widakdo, Giri, dan Besral Besral. “Efek Penyakit Kronis terhadap Gangguan Mental Emosional.” Kesmas: National Public Health Journal 7, no. 7 (2013).105
Wowor, Peter J.R. “Kepemimpinan Gembala Menurut 2 Timotius 2 dan Relevansinya di Era Melineal.” Angelion: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 2, no. 1 (2021).
Wulandari, Dwi, dan Dilfera Hermiati. “Deteksi Dini Gangguan Mental dan Emosional pada Anak yang Mengalami Kecanduan Gadget.” Jurnal Keperawatan Silampari 3, no. 1 (2019).
Yudhawati, Dian. “Implementasi Psikologi Positif dalam Pengembangan Kepribadian Mahasiswa.” Psycho Idea 16, no. 2 (2018).
Yulianti, Alma. “Emosional Distress dan Kepercayaan Terhadap Pasangan yang Menjalani Commuter Marriage.” Seminar Psikologi & Kemanusian (2015)

Menerapkan konsep positif tanpa mengijinkan anak untuk mengekspresikan emosi negatif yang muncul dalam dirinya dapat menjadi toxic positivity yang mengakibatkan gangguan mental emosional dalam diri anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah anak-anak gembala sidang mengalami toxic positivity dan gangguan mental emosional sebagai dampaknya. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Kualitatif dengan Pendekatan Fenomenologi. 6 orang anak gembala sidang dipilih dari setiap tingkat pendidikan mahasiswa yang sedang menjalani studi di STT. Satyabhakti. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah Wawancara mendalam, Observasi dan Dokumentasi. Data terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak gembala sidang tersebut mengalami toxic positivity yang berdampak pada gangguan mental emosional mereka.
Gangguan mental emosional yang dialami adalah memalsukan perasaan yang sebenarnya untuk selalu tampil positif, merasa bersalah ketika mengekspresikan perasaan negatif yang muncul, memendam perasaan untuk menjaga hubungan baik dengan lingkungan sekitar, dan mengalami ketidakmampuan untuk mengendalikan emosi yang dapat membahayakan orang lain dan diri sendiri. Disarankan agar para orang tua dapat mempertimbangkan munculnya emosi negatif pada diri anak ketika menerapkan konsep positivity dan
mengijinkan anak untuk mengkomunikasikan emosi negatif yang muncul agar dapat menghindari gangguan mental emosional pada diri anak. Bagi anak-anak gembala sidang, disarankan untuk belajar mengkomunikasi pikiran dan perasaan negatif yang muncul sebagai bagian dari merawat kesehatan mental emosionalnya dan mampu untuk menerapkan konsep positivity dengan baik dan benar.
Kata-kata kunci : Toxic positivity, Konsep positivity, Gangguan mental emosional, Anak gembala sidang


PENGINJILAN

Z5055.I5 / .M74 1995

Powered by Koha